Jumat, 13 Januari 2012

Mesin Penjual Otomatis di Indonesia

Hei, readers. Karena aku 'pencinta' Jepang, (terutama manga-nya) kali ini aku mau coba bahas tentang mesin penjual otomatis yang menjadi salah satu ciri khas Jepang. Kalau di Jepang, mesin penjual otomatis ini disebut JIDOUHANBAIKI loh,,, :)
Awalnya aku pikir mesin penjual otomatis ini cuma bisa dipakai buat jual minuman aja. Ternyata nggak! Jidouhanbaiki alias mesin penjual otomatis ini juga bisa dipakai untuk menjual makanan, es krim, tisu, buku, rokok, dasi, payung, bunga sampai telur, buah dan sayuran loh. Hahaha... Sepertinya seru ya??
Ini nih, "tampangnya" Jidouhanbaiki :D
It's my Favorite. Jidouhanbaiki es krim and Pocky X3
Jidouhanbaiki ini bisa ditemukan di sepanjang jalan di Jepang. Tapi di hotel, penginapan, dan di pertokoan juga ada loh. 
Gimana cara beli barang yang ada di mesin jual otomatis?
Oh gampaang... Misalnya kita mau beli minuman ya. Kita tinggal masukin koin atau uang sesuai dengan harga yang diminta. Trus, kita klik deh tombol minuman yang kita mau. Taraaaa.... dapatlah kita minuman segar dari Jidouhanbaiki. *lebay* hahahahaha..... Asyik banget tuuh.. Selain praktis juga menyenangkan banget. Eitz satu lagi, kalau uang kita berlebih, mesin ini nanti akan mengeluarkan uang kembalian. Pinter ya?? :p


Eeeeeeeeh.. tunggu dulu !!!
Masih ada satu kabar baik lagi nih. Ternyata hei ternyata....
Mesin penjual otomatis yang ada di Jepang itu sekarang juga ada di Indonesia looooooh..
Ya, walaupun belum sebanyak yang ada di Jepang, sih.
Beberapa tahun lalu, aku liat mesin khas negri sakura ini di bandara Soekarno-Hatta. Tapi sekarang sepertinya sudah menyebar ke bandara-bandara di kota lainnya, loh.
Bahkan baru-baru ini aku juga dapat kabar kalau si Jidouhanbaiki ini juga ada di Halte busway di Ragunan. :)
Sedikit curcol nih, dulu waktu pertama kali liat Jidouhanbaiki di bandara, aku sempat jadi norak abis. Hahaha.
Soalnya dari dulu aku pengeeen banget ke Jepang buat nyobain itu mesin. Memang benar-benar menyenangkan makai mesin penjual otomatis itu. Saking senangnya sama mesin ini, setiap aku ke bandara, aku selalu beli minuman dari Jidouhanbaiki ini sambil berdo'a terus semoga suatu hari aku bisa beli minuman dari Jidouhanbaiki di Jepang. Amiiin.. Hehehehe..
Sayangnya, Jidouhanbaiki di Indonesia belum bisa ngasih uang kembalian seperti yang ada di Jepang. Rata-rata minuman yang dijual mesin penjual otomatis ini harganya 5.000-an gitu. Eh, eh, aku mau pamer dong, ini pertama kalinya aku beli minuman di Jidouhanbaiki. Hehehe.. :D

2 komentar:

Cekidot

A