Sabtu, 09 April 2011

DEPRESI, DAN CARA MENGATASINYA


Dalam kehidupan, kita sering kali bertemu dengan masalah. Mulai dari masalah kecil, dan sepele, maupun masalah besar yang terkadang membuat kita depresi alias stres, atau sejenisnya.  Seperti yang kita ketahui, stres atau depresi yang kita alami dapat menimbulkan tekanan batin atau gangguan mental.

Sebagian besar orang mengusir rasa sedih atau depresinya dengan makanan. Terutama pada orang-orang yang tidak bisa mencurahkan isi hatinya kepada orang lain. Seperti halnyai saya  -curhat-  saat dilanda kesedihan, saya lebih memilih menghabiskan banyak makanan dari pada curhat pada sahabat, atau orang lain. Memang, menurut seorang psikoterapis, sebagian besar orang yang mengalami depresi tidak memikirkan penampilan. Tetapi cara seperti ini tidak baik. Karena selain menyebabkan kegemukan, memakan makanan secara berlebihan juga berpengaruh pada kesehatan kita.

Menurut salah satu majalah yang menjadi referensi saya, kalau memang kita tidak bisa mencari teman untuk curhat, ada baiknya kita menuangkan kesedihan itu pada diary, cerita pendek, atau puisi. Selain itu, menyanyi juga bisa dijadikan pilihan. Karena menyanyi dapat membuat kita menjadi lebih rileks, dan santai.

Bagi umat muslim, cara TERBAIK untuk menghadapi stres, depresi, kesedihan, dan sejenisnya tentu saja dengan Istighfar, Shalat, membaca Al-Qur’an, dan Berdo’a kepada Allah.Insya Allah, dengan begitu, dapat mengurangi stres dan depresi.

1 komentar:

Cekidot

A