Kamis, 07 Juni 2012

Berkumur saat Puasa

Hari ini aku dapat satu pertanyaan yang cukup menarik menurutku.  Waktu mau berwudhu tadi, temanku yang sedang puasa tiba-tiba nanya pendapatku tentang ‘hukum berkumur (saat berwudhu) ketika sedang puasa’. Dia sepertinya selalu melewatkan acara berkumur dalam wudhu saat sedang puasa. Aku memberi pendapat kalau berkumur saat wudhu sama sekali tidak membatalkan puasa asalkan airnya tidak terminum. Tapi menurutnya, kalau kita memasukan air kedalam mulut, kita jadi bisa merasakan kesegaran si air itu. Kami sempat berdebat sedikit sampai akhirnya aku juga sadar kalau memasukan sesuatu ke dalam mulut mungkin juga bisa membatalkan puasa. Karena itu, sesampainya di rumah aku langsung buka internet dan mencari kebenarannya *plak! *lebay.. hehehe...

Ternyata, berkumur memang TIDAK DILARANG saat kita sedang puasa. Karena tidak ada dalil baik dalam Al-Qur’an maupun Hadis Rasulullah yang melarang tentang berkumur (bahkan menggosok gigi) saat sedang berpuasa. Selama air itu tidak tertelan dan masuk ke perut, maka tidak ada masalah pada puasa kita.
Sebaliknya, bukankan sebagai seorang mukmin dituntut untuk menyempurnakan wudhunya termasuk berkumur? Karena itu Rasulullah SAW bersabda yang artinya “Sempurnakanlah wudhu, sela-sela jari, dan bersungguh-sungguhlah dalam menghirup air ke hidung kecuali jika engkau puasa”.

Berdasarkan hadis diatas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa : kita diperbolehkan berkumur dan beristinsyaq (menghirup air ke hidung) saat berpuasa, asalkan tidak berlebihan dan tidak terminum.
Yang lebih menarik lagi, di salah satu web yang aku temukan ada percakapan singkat antara Rasulullah dengan sahabat Umar bin Khattab seperti dibawah ini :

Disebutkan dalam hadis yang sahih bahwa Umar bin Khattab pernah datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan mengadu, “Syahwatku naik, kemudian aku mencumbu istriku sementara aku sedang puasa.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam balik bertanya, “Apa pendapatmu ketika kamu berkumur ketika kamu puasa?” Umar menjawab, “Tidak masalah.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika demikian, apa yang perlu dikhawatirkan?” (H.r. Abu Daud; dinilai sahih oleh Al-Albani) [2]

Yosh, sepertinya sudah jelas kalau berkumur, atau gosok gigi sama sekali TIDAK MEMBATALKAN PUASA.. Jadi, jangan takut lagi buat berkumur saat berwudhu ketika sedang puasa. :)
SELAMAT BERPUASA (sebentar lagi Ramadhan nih... hehehe :3 )

Sumber lainnya : http://www.artikelislami.com/2010/08/hukum-berkumur-dan-bersiwak-ketika.html

3 komentar:

Cekidot

A